4 kebiasaan buruk yang patut anda musnahkan-meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

4 kebiasaan buruk yang patut anda musnahkan-meneketehe

andini.spotlite
Thursday, May 30, 2019
oleh:Nurfalakia
image:pexels.com

     Banyak kebiasaan- kebiasaan yang berpengaruh buruk bagi dirimu misalnya bermalas-malasan, rutinitas mengecek ponsel sebelum tidur, makan yang yang berlebihan/tidakteratur,merokok,mengkonsumsi minuman beralkohol dengan kadar yang tinggi, berbohong, memelihara pikiran-pikiran negatif dan tentunya masih banyak lagi.

Kali ini meneketehe merangkum dan mengakumulasi kebiasaan-kebiasaan yang paling buruk yang patut anda musnahkan, 4 kebiasaan ini dikategorikan dapat mengahancurkan hidupmu jika terus-menerus dipelihara.

1. Kebiasaan suka menyalahkan 
     
      Saat kamu terbukti melakukan kesalahan lantas kamu melemparkannya kepada seseorang sebagai kambing hitam atas masalahmu menandakan tingkat kejiwaanmu terganggu dan tentu saja kamu tidak akan pantas menjadi seorang pemimpin karena tidak tahu dan paham definisi dari tanggung jawab.

Kamu tahu dan paham betul kesalahan yang kamu perbuat karena tidak ingin disalahkan akhirnya menodai kehormatan / nama baik seseorang dengan melakukan serangan fitnah.

Ketahuilah bahwa kebohongan yang kamu lakukan hanya bersifat sementara menyelamatkanmu namun menghancurkanmu selamanya cukup menunggu waktu hingga semuanya  terjawab dengan sendirnya.

2. Kebiasaan suka mencari alasan 
  
    Kamu tidak akan pernah berhasil dan maju jika dipikiranmu hanya berlandaskan valensi-valensi negatif ,belum melakukan apa-apa,alasannya sudah berjuta alasan yang ujung-ujungnya stagnan ditempat dan pada akhirnya merasakan penyesalan yang tiada henti.

 Jangan pernah menunda sesuatu yang bisa jadi itu adalah pintu jalanmu menuju kesuksesan.Jangan pernah sia-siakan peluangmu.

3. Kebiasaan suka mengeluh 
     
     Ihwal yang satu ini usahakan agar tidak melekat dalam dirimu,semakin kamu mengeluh dengan keadaan, semakin kamu akan diterpa masalah kamu akan mengalami stress yang berkepanjangan hingga terserang gangguang jiwa, maka berhati hatilah ,kebiasaan mengeluhmu tidak saja berimpak pada dirimu sendiri namun orang-orang disekitarmu terlebih pasanganmu ,bukannya orang akan menaruh simpati malah akan merasa terbebani dengan kehadiranmu.

Kebiasaan mengeluh yang kamu lakukan dapat menganggu sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap kolesterol tinggi,diabetes, penyakit jantung dan obesitas,bahkan otak lebih rentan terkena stroke.

Sebuah studi dari Stanford University pada tahun 1996 tentang MRI menunjukkan bahwa kebanyakan mengeluh dapat mengurangi volume hippocampus-bagian otak yang memiliki fungsi kognitif,hippocampus yang kecil akan mempengaruhi daya ingat seseorang,bila semakin banyak yang terkikis kita bisa terserang penyakit Alzheimer.

4. Kebiasaan suka nge-gosip 
      
     Bergosip boleh boleh saja asal kontennya bermanfaat, bergosip berfungsi sebagai sarana berkumpul yang mempererat ikatan sosial.

Teori yang dikemukakan oleh Brian Boyd dosen sastra inggris yang menulis dan meneliti evolusi cerita dan bercerita dengan menggunakan teori Dunbar untuk memperluas pandangan gosip sebagai cara manual manusia bekerja sama.

Apabila ternyata gosip menimbulkan kerugian dipihak lain ,dengan tujuan untuk menjatuhkan maka hendaknya kebiasaan buruk ini dihilangkan.

Membicarakan kebiasaan buruk orang lain menarik jumlah musuh semakin bertambah dan tentu saja akan berimpak pada kehidupanmu,kamu akan merasa risau,galau, tidak tenang, rasa dengki yang meluap luap atau istilah gaulnya julid ,yang intinya sih hidupmu tidak akan pernah tenteram.