15 Tips sukses dari Tony Robbins-meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

15 Tips sukses dari Tony Robbins-meneketehe

andini.spotlite
Tuesday, November 12, 2019
by:Nurfalakia 



Anthony Jay Robbins atau yang lebih akrab disapa Tony Robbins adalah seorang penulis dan motivator asal Amerika Serikat,California (Tanggal lahir: 29 Februari 1960).

Program buku Audio dan Videonya telah terjual diseluruh dunia dan didistribusikan di 100 negeri,namanya semakin menjelma saat memasuki ruang seminar melalui perusahaannya " Robbins Reseacrh International" namun dibalik kesuksesannya siapa sangka anak dari Sage Robbins dan Becky Robbins

Dulunya berasal dari keluarga yang tidak berada dan dari keluarga yang tidak harmonis, ibunya menikah beberapa kali  akibat kasus finansial yang parah,bahkan Tony hidup ditemani lilin sebagai penerangan karena tidak dapat membayar tagihan listrik per bulannya.

hal ini membuat Tony untuk lari dan mencari kehidupan sendiri dan pekerjaan yang Tony lakukan kala itu adalah ia bekerja sebagai pembersih toilet dengan bayaran 50 $ per minggu,pemilik toilet itu merasa resah terhadap para gelandangan yang sering masuk lulu lalang di toiletnya kemudian menyuruh Tony untuk mengusir para gelandanga itu, tidak tega karena merasa  kesusahan yang mereka alami sama dengan dirinya

maka ia mengusir gelandangan itu dengan memberikannya berupa nasihat dan motivasi, salah satu gelandangan itu kemudian menjadi sukses atas nasihat Tony saat itu dan mengajaknya untuk mengikuti salah satu seminar hingga akhirnya Tony bertransformasi hingga dunia mengenalnya dengan sebutan Tony Robbins.

Berikut adalah beberapa tips sukses dari beliau:

1.Mengambil tindakan

Salah satu quote beliau berbunyi :
"Kunci pembuka jalan kesuksesan adalah jika memiliki tekad yang bulat dan berani mengambil tindakan secara masiv.

Kalimat ini senada dengan Talk less and do more,keinginan setinggi langit pun tidak akan berjalan mulus tanpa dibarengi dengan tindakan/action , keinginan itu mengandung harapan yang ujungnya tentang kenyamanan, kenikmatan dan kesuksesan.

Secara garis besar terkandung arti bahwa "berani mimpi itu berarti berani berjuang,berani jatuh dan berani menerima resiko. 

2.Memiliki tujuan 

Tujuan itu ibarat magnet yang dapat menarik apapun disekitarnya, seperti sihir dapat merubah yang tak terlihat menjadi terlihat yang secara singkat menjelaskan mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Tujuan itu ibarat peta yang mampu menjujungmu ke arah yang benar ,seseorang yang hanya memiliki mimpi tanpa tujuan seperti orang yang tersesat dan kebingunan melihat jalan yang berkelok kelok.

3.Bertanya

"Mekanisme proses berpikir yang positif yang sifatnya membangun jika di barengi dengan tindakan,kesuksesan akan mengalir dengan sendirinya bahkan mengalir dengan deras.

Ilustrasinya seperti ini,jika pipa air berfungsi sebagai tempat untuk mengalirkan air maka kran air adalah pembuka jalannya air.

Secara Implisit, ini sejalan dengan seseorang yang memiliki goals tanpa eksekusi.

Orang sukses itu akan merasa ada yang kurang pada dirinya lalu berbicara pada dirinya sendiri tentang apa yang harus saya lakukan agar mendapatkan keinginanku, mereka akan terus mewanti wanti pertanyaan itu secara berulang ulang hingga akhirnya dapat mendapat jawaban atas problematikanya.

4.Keputusan 

Anggapan yang lumrah menyebut bahwa yang menentukan takdir itu adalah kondisi,kalimat ini tidak sepenuhnya salah sekaligus benar.

Perlu dicatat takdir dan nasib itu berbeda, kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan pada dasarnya tidak dapat mengubah kodrat-Nya.

Berbeda dengan nasib,jika seseorang ingin merubah kondisinya maka sepatutnya berusaha dan berdoa.

Artinya jika seseorang tetap pada pendiriannya tidak ingin berusaha karena yakin takdir tidak akan merubah segalanya kendatipun sudah berusaha maka ia tidak akan bisa merubah nasibnya.

Kondisi bukan menjadi alasan kamu tidak bisa merubah hidupmu,adalah keputusanmu yang akan menentukannya, apakah kamu akan sungguh sungguh merubahnya atau akan memilih berdiam diri dengan melihat situasi yang tidak sejalan dengan pemahamanmu.

5. Komunikasi

Cara kita melakukan kontak visual atau dengan kata lain berkomunikasi dengan orang lain tanpa disadari adalah merupakan refleksi bayangan pribadi kita sendiri.

Tipsnya adalah jangan selalu menunjukkan sikap yang berlebihan ,marah berlebihan,senang berlebihan dan sengsara berlebihan.

Untuk berkomunikasi secara efektif kita harus menyadari bahwa cara kita berbeda dalam memandang dunia.

6.Masa depan 

Berpatokan pada masa lalu atau hidup dimasa lalu sama artinya dengan menghapus masa depan itu sendiri.

Karena terus berfokus pada masa lalu tanpa sadar masa depan akan terbuang percuma, waktu yang begitu precious tidak dimanfaatkan dengan baik.

Jika terus digandrungi bayang bayang masa lalu maka masa depanmu akan sama dengan masa lalumu dimana kamu akan terus hidup dimasa itu membuatmu menyendiri, depresi dan strees dan akan terperangkap oleh masa lalumu sendiri jika terus seperti ini jangan harap masa depan yang cerah bisa kamu raih.

Buang masa lalumu dan tidak perlu pusing dengan masa depanmu yang patut kamu lakukan saat ini, menit ini dan detik ini adalah apa yang akan kamu lakukan hari ini . 

7.Mendefinisikan hidup

Berikut adalah salah satu quote beliau:
Mengapa harus memilih hidup biasa jika kita bisa hidup luar biasa.

Jangan lupa untuk menyempatkan waktumu untuk bergembira,pergi keluar dan nikmati prosesnya,bukan masa lalu atau masa depan tapi bagaimana caranya dapat menjalani hari ini untuk menciptakan hari esok yang belum tentu pasti.

Mendefinisikan hidup dengan jalan memanfaatkan adalah hal yang tepat,hidup itu singkat dan gunakan waktumu sebaik baiknya untuk mengenal dan menikmatinya,hidup itu adalah hadiah.

8.Fokus 

Pernah liat polisi atau aparatur negara lainnya yang bersiaga dan fokus membidik sasarannya,kapan tidak siaga maka bidikannya tentu akan meleset dari sasaran,atau orang yang bekerja dikantoran mengerjakan bertumpuk berkas tugas hingga kebingunan akhirnya kerjaannya semakin semrawut, juga orang yang tengah presentasi tiba tiba terhenti dan lupa akibat tidak fokus karena pikirannya teralihkan ,presentasinya akan gagal bahkan ditertawakan ,sebab itu untuk mencapai hasil yang maksimal usahakan agar fokus pada satu bidang ,menurut Tony Robbins sendiri " where Focus goes,Energy Flows " yang artinya dimana ada fokus maka disitulah energi mengalir .

9.Kesempatan kedua

Setiap momen itu sangat berharga, bahkan setiap per detik itu adalah nyawamu,jangan pernah menyia nyiakan setiap momen dalam hidup, selalu manfaatkan peluang dengan baik jika masih ada, meskipun peluang itu sebesar biji wijen.

Jika kamu melihat kegagalan jangan jadikan itu sebagai alasan untuk menyerah karena setiap kegalalan itu pasti digantikan oleh kesuksesan yang menanti .

Kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda,jika kamu pantang menyerah akan digantikan oleh kesuksesan yang lain bahkan jauh lebih berhasil daripada yang kamu rencanakan.

10.Butuh proses 

Pepatah menyebut tak peduli seberapa banyak kesalahan yang kamu perbuat atau seberapa lambat kamu berusaha berkembang, yang terpenting adalah kamu tetap berusaha dan ini merupakan value tersendiri daripada orang yang tidak berusaha sama sekali, meskipun hasilnya tidak sesuai harapan yang penting perut masih bisa terisi.

Kalimat ini memiliki konotasi bahwa lebih baik berusaha daripada tidak sama sekali,usaha sekecil apapun tetap berharga  dan akan menghasilkan sesuatu meskipun itu hanya sebesar biji nangka dari pada tidak sama sekali.

11.Motivasi.

Motivasi itu adalah dorongan dan tujuan itu adalah target, motivasi berfungsi sebagai pengemudinya dan tujuan berfungsi sebagai jalan kemudian keputusan sebagai petanya untuk berbelok kekiri atau kekanan atau memilih untuk lurus.

Setiap manusia membutuhkan motivasi untuk meraih sukses ,motivasi itu mempercepat langkahmu ,motivasi itu mengandung unsur penyemangat dan energi.

12.Jangan lakukan hal yang sama

Anthony Robbins juga menyebut dalam quotenya buatlah perubahan jangan hanya melakukan hal hal yang sama secara berulang ulang.

Yang artinya peluang semakin menipis seiring perkembangan jaman khususnya didunia teknologi kita dituntut untuk lebih inovatif dan lebih kreatif agar dapat bernilai dimata orang lain.

13.Penolakan 

Makna devolusi yang tersirat dari kesuksesan itu sendiri adalah bagaimana kita bersedia menerima berbagai penolakan,ikhlas dengan berbagai variasi dereliksi atau cibiran.

Jika kamu sudah dapat menginterpretasikan penolakan dengan benar maka kesuksesan bukan tidak mungkin akan datang dengan " enteng", sejatinya dengan penolakan kamu akan semakin leluasa menghadapi lika liku hidup ini.

Namun di balik semua itu kita sudah memiliki bekal atau persiapan yang matang untuk menuju ke jenjang yang lebih sulit.

Saat kamu merasa dihina/terhina atas perlakuan orang lain,jadikan kesempatan ini sebagai batu loncatan buat dirimu dimasa yang akan datang ,penolakan dan penghinaan yang bertubi tubi dapat membuatmu kebal,buat dirimu marah agar dapat mendorongmu melangkah dengan sungguh sungguh dan buat mereka malu dengan memperlihatkan kesuksesanmu nanti.

Orang orang ternama dunia pun pernah mengalaminya penolakan yang mereka rasakan bahkan jauh diatas kamu, ribuan bahkan jutaan kali mereka mendapat penolakan/kegagalan namun dengan kegigihan dan keteguhan hati akhirnya membawa mereka menuju ke tingkat kesuksesan .

14.Kesehatan 

Apa jadinya jika kamu menguras tenaga / energi habis habisan demi memperoleh gaji yang pantas hanya untuk membiayai kesehatanmu kelak,kan sama saja bohong.

Sebaiknya imbangi pekerjaan dengan kesehatanmu ,selain mental pikiran, mental fisik juga patut dipertimbangkan ,jika kesehatanmu terganggu juga menghambat produktivitasmu untuk bekerja ,kamu menjadi loyo, manjadi kurang bersemangat dan tertekan.Kesehatan itu ibarat tonggak yang berfungsi sebagai penopangmu.

15. Memiliki Mentor 

Mentor adalah guru yang dapat membimgbingmu dalam menentukan arah yang tepat, banyak orang yang memiliki segudang harapan dan cita cita tetapi masih bingung kemana arah yang tepat , bingung dalam menentukan tujuan.

Jika hendak memilih mentor maka pilihlah mentor yang berpengalaman  dan berkarisma, mentor yang kamu pilih nanti akan sejalan dengan tujuan hidupmu, pengamsalan ini seperti mentor itu adalah bentuk nyatamu dan kamu adalah cerminnya,dimana kamu akan menirukan setiap gerak gerik untuk setiap detilnya.

Tony Robbins seorang motivator kelas dunia dulunya pun terinspirasi dan banyak belajar dari pembicara motivasi terurama Jim Rohn,mentor pribadinya.

Penutup

Tony Robbins tidak hanya di kenal sebagai penulis motivator beliau juga menuis buku mengenai keuangan,kepemimpianan hingga kesehatan,buku terlarisnya antara lain Self-help, Unlimited power,Awake the Giant Within dan Money Master the Game.

Talenta ini menghantarkan Tony Robbins kemudian masuk dalam daftar Top 50 Business Intellectuals dari Accenture,masuk dalam daftar Havard Business Press Top 200 Business,Gurus dan Forbes Celebrity 100.

Pada tahun 2015-2016 namanya masuk dalam daftar Worth Megazine Power 100.Daftar kliennya pun tak main main seperti Mantan Presiden As Bill Clinton,mendiang Nelson Mandela,Putri Diana hingga pembawa acara ternama Oprah juga artis papan atas lainnya seperti Leonardo di Caprio,Hugh Jackman,Usher,Aerosmith,Pitbull dan masih banyak lagi.


Sumber
https://www.tameday.com/tips-for-success-from-tony-robbins/
https://pertamakali.com/kata-kata-anthony-robbins/
https://www.google.com/amp/s/www.finansialku.com/kata-kata-motivasi-anthony-robbins/amp/
https://www.google.com/amp/s/economy.okezone.com/amp/2019/04/15/320/2043643/kenalan-dengan-tony-robbins-sang-ahli-strategi-hidup