Bikin Geleng-geleng Kepala, 9 Nagara ini Memiliki "Maklumat" Aneh Hadapi Covid-19, No.2 Ada Pocong Corona Indonesia-meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

Bikin Geleng-geleng Kepala, 9 Nagara ini Memiliki "Maklumat" Aneh Hadapi Covid-19, No.2 Ada Pocong Corona Indonesia-meneketehe

andini.spotlite
Thursday, June 25, 2020
Ditulis oleh:Nurfalakia


Dunia saat ini disibukkan dengan upaya menghadapi penyebaran virus corona, sudah memasuki setangah tahun vaksin virus ini belum juga ditemukan, keadaan ini memaksa suatu negara untuk menemukan alternatif lain.

Keputusan untuk lockdown membuat aktifitas perekonomian lesuh,banyak negara harus gigit jari akibat resesi, ditambah masalah intern lainnya seperti lahirnya beragam spekulasi, konspirasi dan kontradiksi ihwal Covid-19 ,hal ini disebabkan banyaknya berita hoaks, klaim klaim sesat, disinformasi, aroma intrik politik hingga propaganda mengakibatkan rendahnya kredibilatas masyarakat membuat pihak berwenang harus lebih kerja keras lagi dan semaksimal mungkin demi memperbaiki perekonomian serta mengurangi korban jiwa yang bertumbangan.

Bahkan tak sedikit negara yang ingin membasmi penyebaran Covid-19 ini dilakukan dengan cara yang tak biasa  ,kocak hingga geleng geleng kepala dibuatnya,berikut adalah daftarnya :


1.Pemisahan Gender di Panama

Aturan yang diberlakukan negara yang terletak di Amerika Tengah ini terbilang cukup unik, pasalnya pemerintah Panama memberlakukan aturan memisahkan pria dan wanita, ini juga berlaku bagi pasangan suami istri lho, jadwal laki laki boleh bepergian pada Senin,Rabu dan Jumat
adapun jadwal bagi perempuan yaitu kamis dan sabtu, hari minggu tak seorangpun diperbolehkan keluar rumah.

Pemisahan gender ini berlaku ketika sedang keluar atau beraktifitas di luar rumah, melihat banyaknya warga yang lulu lalang tanpa menggunakan masker membuat pemerintah risau akhirnya memutuskan untuk memberlakukan aturan ini.

Kasus dan kematian di panama kian melonjak, terkonfirmasi diatas angka 20 ribu, menurut data dari Worldometer.info ,kasus corona mencapai 26.030 dan kamatian mencapai 501 jiwa, memaksa pemerintah lebih waspada dan terus mengupayakan langkah strategis selanjutnya.

2.Pocong di Indonesia



Indonesia juga tak kalah unik nih, tepatnya di desa Kepuh, Sukoharjo, Jawa Tengah, suasana yang biasanya sunyi gelap gulita ditengah malam sontak  menjadi heboh oleh teriakan para warga, mereka ketakutan, histeris, dan lari compang camping.

Ini di disebabkan karena kehadiran 2 pocong yang tiba tiba datang dari belakang membuat mereka katakutan setengah mati.

Usut punya usut 2 pria yang diketahui bernama Setyawan dan Septian Febriyanto adalah pelaku yang menyamar sebagai pocong yang menakuti warga yang masih berkeliaran di tengah malam, agar tak keluar rumah ditengah pandemi ini.

Warga +62 yang dikenal bandel dengan himbauan pemerintah agar lebih berhati hati tak digubris sama sekali, membuat 2 pria asal Sukoharjo ini mendapat ide brilian agar warga sebisanya mengerti dengan keadaan saat ini.

Pocong corona asal indonsia ini viral lho sampai diluar negara seperti Amerika, Korea Selatan dan  Inggris, Woow..

Judul CNN Amerika tentang pocong corona Indonesia bertajuk "Ghost try to Spook People Off Stress during Corona Virus sedangkan BBC Inggris bertajuk " Corona Virus: Indonesian Village uses "Ghost" for Distancing Patrol's.

3. Dog Walking Hour - Serbia

Aturan yang satu ini juga sukses mencuri perhatian publik khususnya warganet, terdapat istilah bernama Dog Walking -hour yaitu sebuah nama aturan di Serbia yaitu dimana pemilik anjing memiliki jadwal untuk mengajak angjingnya jalan jalan keluar rumah.

Alasannya adalah pemerintah khawatir hewan peliharaan khususnya anjing lebih rentan terinfeksi virus dan takutnya dapat menyebar virus secara lebih luas.

Anjing akan diperbolehkan keluar di malam dari pada pukul 8-9 malam, negara luar yang dikenal sangat peduli dengan anjing, menurut mereka ini sangat tidak masuk akal dan kocak sontak viral di media sosial.

Banyaknya aksi protes yang dilayangkan warga Serbia tak lagi dapat dibendung akhirnya pada 6 Mei aturan tersebut dicabut.

4.Kartu di Inggris


image:independent.co.uk

Aturan satu ini juga cukup unik, rumah rumah yang berjejer di North Yorkshire, sebuah nama county di Inggris, akan ditempeli kartu di masing masing jendela mereka, ternyata kartu ini memiliki makna yaitu jika terdapat rumah ditempeli kartu berwarna hijau itu artinya kondisi keluarga mereka baik baik saja, dan jika terdapat rumah yang ditempeli di jendela dengan kartu berwarna merah artinya kelaurga tersebut sedang sekarat dan butuh pertolongan seperti medis, makanan dan bantuan lainnya.

Aturan ini dinilai cukup efektif pada beberapa situasi pasalnya negara ini melarang warganya untuk bertatap muka bahkan melarang menggunakan handphone namun juga dinilai kurang efektif karena ini dapat mengundang para pelaku kejahatan seperti penipuan dan pencurian .

5.Drive-in di Korea Selatan


image:bbc.com

Untuk tetap beraktifitas di luar beberapa negara tak kehabisan akal untuk mencari alternatif lain,misalnya di Negari Gingseng, Korea Selatan yang juga merupakan ikon dunia hiburan terbesar didunia ini memberlakukan aturan bernama drive-in yaitu penonton masih dapat terhibur dengan menonton idola mereka dari dalam mobil di depan panggung.

Korea Selatan yang identik dengan dunia hiburan yang dihuni oleh para aktris dan aktor terkenal di dunia yang kita kenal dengan istilah K-Pop,surga bagi mereka yang ingin melebarkan sayapnya di dunia entertainment , berlakunya new normal membuat aktifitas kembali pulih, pentas musik di korea selatan yang dibanjiri ribuan penonton membuat pemerintah harus bersiap dengan memberlakukan drive-in dan tetap mematuhi protokol menjaga jarak sosial.

6.Kostum Lucu di India


image:happymag.tv

Aksi kocak India tak henti hentinya mengundang tawa, banyaknya parodi lucu yang mengilustrasikan suasana pandemi Covid-19, India memang dikenal sangat sigap dan tanggap menghadapi virus ini, ikon yang paling booming adalah kayu rotan yang kerap dibawa petugas siap mencambuk masyarakat yang berkeliaran keluar rumah di masa lockdown.

Langkah strategis lain yang dilakukan oleh pihak berwenang adalah dengan langsung terjun ke lapangan menggunakan kostum lucu menyerupai corona, layaknya zombie ganas mereka siap mengusir orang orang yang bertebaran di jalanan .

7.P-Gurad di Tunisia


image:dailymail.co.uk

Ada ada aja yah maklumat pencegahan penyebaran covid-19 di berbagai negara, yang satu ini keren nih,  P-Guard adalah robot canggih asal Tunisia ,dijuluki robot polisi, seperti polisi yang tugasnya menjaga keamanan sekitar , memantau juga menghimbau masyarakat setempat.

Robot ini dilengkapi dengan kamera inframerah, termal, cahaya hingga sistem suara, tak hanya memjangkau di area luas, area sempit seperti gang gang, industri hingga daerah yang sulit ditembus sekalipun.

Karena dilengkapi sistem suara, robot ini dapat berbicara dengan keras menghimbau masyarakat untuk tidak keluar dari rumah, tidak sampai disitu robot ini juga berfungsi mengantar makanan dan peralatan medis hingga obat obatan...keren kaaan!

8. Penyemprotan pemutih di Spanyol

Kasus di Spanyol saat ini telah mencapai 200 ribu ,sangat jauh jika dibandingkan di Indonesia, angka kematiannya pun sangat tinggi yaitu sekitar 20 ribuan ke atas membuat negara ini bertengger di posisi ke-2  dengan kasus corona paling tinggi di dunia setelah Amerika Serikat (menurut data statistik Worldometer.info).

Membuat pemerintah melakukan segala daya upaya untuk meminimalisir penyebaran virus semakin gencar,salah satunya adalah memberlakukan aturan menyemprot pantai paling banyak dikunjungi,pantai ini bernama Zahara de los Atunes menyemprot disinfektan disetiap wilayah tersebut,.

Cairan pemutih dapat merusak ekosistem pantai, langkah ini lalu memunculkan protes keras khususnya dikalangan pecinta alam,yang akhirnya membuat pejabat kota, Agustin Conejo meminta maaf atas kejadian tersebut.

9. Menyebar kotoran ayam di Swedia 


image:svt.se 

Langkah antisipasi pemerintah Swedia untuk mencegah penyebaran virus corona cukup menyedot perhatian warganet bagaimana tidak, demi menjalankan "amanat" untuk tetap menjaga jarak sosial warganya, sebanyak 1.000 kg kotoran ayam sengaja disebar di pinggir tanam kota dan dipinggri rumah warga.

Hal ini bertujuan agar bau dari kotoran ayam membuat warga tidak betah berlama lama diluar rumah, mereka tidak akan tahan dengan bau busuk yang sangat menyengat tersebut.

Pemerintah mengaku kewalahan untuk terus menerus menghimbau kepada warga untuk tidak keluar dari rumah, melihat masih banyak warga yang masih berkeliaran di alun alun.

Sumber:
https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparantravel/7-negara-ini-punya-cara-unik-dan-tak-biasa-hadapi-virus-corona-1t8yFsQPWMK