Siapa Sosok dibalik terciptanya What'app, facebook,twitter dan Medsos lainnya?-meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

Siapa Sosok dibalik terciptanya What'app, facebook,twitter dan Medsos lainnya?-meneketehe

andini.spotlite
Sunday, November 17, 2019
oleh :Nurfalakia


      Hayyo ngaku.. siapa disini penggila facebook,insta,twitter dan medsos lainnya  eehh lho kok ngangkat tangan semua?(he he) aduuh di era yang canggih ini pasti dong banyak penggunan medsos

Dengan  variasi pengguna beragam ada yang pake cuma untuk bernarsis ria, pasang status (marah,bahagia, sedih ,mengumpat ,mengeluh dll) ,ada juga buat masarin bisnis/produk dan berbagai ajang : ajang bakat hingga ajang cari jodoh.

Kebiasaan ini lalu menyita waktu mereka ,mulai pagi siang malam,tengah malam ampe subuh juga ada,pengen narsis malah jadi mudarat dan penyakit yang paling banyak melanda pengguna medsos adalah penyakit "mager",bukannya bantu ibu ngulek sambal didapur malah malas malasan dikamar,cuma buat stalking mantan? aduuh sitti ...wake up 😂 .

Ngakunya penggila medsos tapi tau ngak penciptanya siapa ?! biar makin kece berikut adalah daftar penemu media sosial paling populer didunia cekidot :

1. Jan Koum-What's App


Berasal dari kaum yahudi dinegara komunis tepatnya di Kiev, Ukrania yang dulunya adalah seorang tukang pel berubah menjadi penemu medsos fenomenal yang kini menyebar hampir diseluruh dunia.Saat ini ia menjabat sebagai CEO juga pendiri What's App bersama Brian Acton .

Pada usia 18 tahun ia mulai menonjolkan  ketertarikannya pada dunia  pemorgraman.Pernah menjadi bagian dari group woowoo pada tahun 1997,Jan Koum dipekerjakan oleh Yahoo dan bertemu dengan Acton dan berhenti,di tahun 2007 sempat melamar di perusahaan facebook namun gagal.

Januari 2009 ia membeli iphone saat itu menyadari bahwa app store yang berusia tujuh bulan akan menggebrak industri aplikasi dunia,lalu mengunjungi rumah temannya,Alex Fishman setelah diskusi panjang akhirnya mendapat kesepakatan koum memilih nama What's App karena mudah diingat , terdengar seperti frasa "What's up" dan dihari ulang tahunnya tanggal 24 februari 2009 ia mendirikan What's App.inc di California lalu pada tahun 2014 dengan nilai $ 19 miliar berhasil dibeli oleh perusahaan  Facebook.

2.Steve Chen,Chad Hurley dan jawed karim-Youtube



Ketiganya bertemu saat mereka masih bekerja diperusahaan Paypall, lalu mendirikan situs berbagi video youtube pada tahun 2005,Ide ini muncul ketika mereka kesulitan  dalam membagi file video melalui e-mail,kemudian menginspirasi mereka untuk membuat suatu website yang dapat membagikan video dengan mudah.

Kantor pertama youtube terletak diatas sebuah pizzeria restoran jepang di sang mateo,California.Nama domain mereka http:www.Youtube.com,video pertama bernama Me at the Zoo dan diunggah pada 23 April 2005


tidak butuh waktu lama website ini merupakan satu satunya website yang berkembang begitu pesat pada bulan april 2006,perusahaan ini mengumumkan lebih dari 65.000 video diunggah setiap tahunnya dan lebih dari 100 juta orang mengunjungi situs ini dalam satu hari.

Youtube merupakan website ketiga yang paling banyak dikunjungi didunia setelah google dan facebook.Youtube dibeli google pada november 2016 seharga US$  1.65 Miliar ,resmi beroperasi dan menjadi anak perusahaan Google.Inc



3.Kevin Storm- Instagram


Kevin lahir 30 Desember pada tahun 1983,dibesarkan dikota Holliston, Amerika Serikat dan merupakan anak dari Douglas ( ketua Sumber Daya Manusia) dan Diane ( Marketing Executive ),setelah lulus SMA di Middlesex School terletak di Concord,Massacussetts lalu mengambil jurusan sebagai Manajement Science dan Engineering di Standford University setelah lulus kevin bekerja di perusahaan Odeo (sekarang twitter)

 kemudian pindah di perusahaan google dan mengundurkan diri kemudian bergabung di perusahaan Nextstop,setelah berpindah dari satu sratup ke startup lain akhirnya berinisiatif untuk membangun perusahaannya bersama dengan Mike Krieger dan berhasil pertama kali bernama burn yang menjadi asal mula instagram.

4. Mark Zuckerberg-Facebook


Nama ini acapkali menghiasi dimedia media pemberitaan,televisi,surat kabar,majalah dan sering muncul di pencarian internet google,

bagaimana tidak sosok inilah yang pertama kali menciptakan media sosial paling laris didunia bernama facebook dibantu teman sekelasnya Dustin Moskovitz,Eduardo Saverin, Andrew Mccollum dan Chris Huges.

Pertama kali didirikan pada tahun 2004 yang sebelumnya bernama "facemash" yaitu situs kontak jodoh metode situs ini adalah dengan memasang 2 foto (pria dan wanita)

dari para mahasiswa di Universitas Harvard karena merasa tidak puas Mark membobol akses jaringan komputer di kampus kemudian mendapat ancaman akan di keluarkan dari kampus (tidak jadi)11 november 2004 Mark berkeinginan memiliki web pribadi dan membeli domain seharga $ 85 dengan nama "thefacebook" dalam waktu 24 jam saja 1.200 mahasiswa telah mendaftarkan diri.

Thefacebook berubah nama seiring waktu dan diperbaharui dengan sistem pengenalan dan membuat status yang saat ini kita mengenal nama "facebook"(2005).

5.Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) yang dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi berkualitas tinggi berbasis internet untuk semua orang diberbagai belahan dunia.

Teknologi ini ditemukan oleh wirausahawan Niclas Zennstrom dan Janas Friss,Niclas Zennstrom sendiri adalah pengusaha miliader asal swedia (lahir:16 Februari 1966)  di kota Jarfalla Uppsala.

Niclas memiliki ide ini bermula saat ia merasa teknologi telah menyusut komunikasi saat itu hanya dapat melalui pesan singkat dan menelpon sampai akhirnya termotivasi untuk menciptakan sebuah teknologi agar terhubung dengan orang tidak hanya pesan singkat ataupun telepon melainkan melalui wajah / tatap muka seolah olah tidak ada jarak antara mereka sama sekali.

Dibentuk pada bulan sepetember 2003 dan dibeli perusahaan lelang Amerika e-Bay pada bulan september 2005 dan bermarkas di Luxemburg,Jerman dengan kantor kantor di London,Inggris,Praha,Rusia dan San Jose,California,AS.

6.Jack Dorsey -Twitter


Lahir pada tanggal 19 November 1976 di St.Louis,Missouri,ia adalah salah satu pendiri twitter bersama Biz Stone dan Evan William,diusia 14 tahun Jack telah menciptakan perangkat lunak Open Source yang berhubungan dengan rute taksi dan kurir pengiriman.

Setelah menyelesaikan kuliah di University of Missouri di New York ,Jack pindah ke California nah ditempat ini pesan singkat begitu booming  hingga akhirnya menemukan ide untuk membuat pesan singkat melalui internet dengan dibantu oleh Evan Williams seorang mantan eksekutif perusahaan Google memberikan dana investasi untuk mendirikan perusahaan twitter.com.

Logo burung kecil di twitter mengisyaratkan kicauan dan mengumpat dimana para pengguna media sosial bebas untuk mengutarakan keluhannya.

7. Reid Hoffman- LinkedIn


Situs ini pertama kali didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 dan secara resmi diluncurkan pada 5 Mei 2003, pada tahun 2006 linkedIn sudah dikenal oleh 20 juta orang ,meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yanh diklasifikasikan menurut jasanya.

 LinkedIn adalah jejaringsosial yang mempunyai konsep unik dimana sebagian besar penggunanya adalah propesional yang memiliki latar belakang bisnis yang berfungsi sebagai media untuk memasarkan diri kamu kepada perusahaan /para profesional lain yang ada disana.

Di tahun 2018 menurut stasia.com LinkelIn memiliki 260 juta pengguna aktif.Reid Hoffman pendiri LinkelIn lahir pada tnaggal 5 agustus 1967 di Stanford California,ia mendirikan perusahaan pertamanya yaitu layanan kencan online bernama sosialNet.com kemudian bergabung di Paypall di tahun 2002 hingga menjabat sebagai vice presiden diperusahaan tersebut di tahun yang sama Hoffman mulai mendirikan LinkedIn bersama rekannya saat berada di Fujitsu yang akhirnya berhasil diluncurkan pada tanggal 5 mei 2003.

8.David Karp- Tumblr


Saat berusia 15 tahun Karp berhenti sekolah formal di Brox Science Hight School dan memilih untuk menjalani program message board ,diusia 17 tahun ia bekerja sebagai kepala bagian teknologi di urban baby,adalah perusahaan layanan melalui message board ketika Urban baby dibeli CNET tahun 2006, uang yang diterima oleh Kapr dipakai untuk mendirikan perusahaan Davidville dan memperkenalkan Tumblr.

Tumblr merupakan platform blogging yang disebut sebut sebagai perpaduan antara facebook dan twitter .

Ide awal tumblr dimulai ketika Karp tidak menemukan sesuatu yang benar benar diinginkannya melalui wordpress, blogger atau Typepad,pada suatu ketika karp menemukan sebuah Tumbleblog yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan berbagai macam media seperti gambar video  dan theme yang apik.

9.Dave Morin-Path


Hampir sama dengan medsos lainnya Path adalah sebuah aplikasi jejering sosial. pada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagai gambar dan juga pesan .

Path mulanya digunakan untuk keluarga dan teman teman terdekat,tujuan didirikannya adalah untuk berkompetisi dengan jejaring sosial lainnya seperti facebook,pinterest,twitter maupun instagram.

Aplikasi Path didirikan oleh Dave Morin ,Shawn Fanning dan Dustin Mierau ,path mulai berkiprah pada november 2010 lalu dan ditahun 2011 pengguna meningkat tajam dari 30.000 menjadi lebih dari 300.000 hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan.Namun pada februari 2012 perusahaam ini dikritik karena mengakses dan menyimpan kontak yang ada didalam telepon seluler tanpa persetujuan dan penggunan sendiri .

Pada februari 2013 perusahaan ini dikenai denda sebesar $ 800.000 oleh FTC hingga akhirnya path resmi tutup pada tanggal 18 oktober 2018.

10.Lee Hae Jin-Line


Lee Hae jin adalah pendiri dari aplikasi messenger Line, lulusan Bachelor of Arts / Science dan Seoul National University dan mendapatkan gelar Master of Science and Technology serta mendapatkan gelar PhD dari universitas yang sama.

Ditahun 1999 ia mendirikan Never.com ,Lee berhasil membuat never menjadi mesin pencari terpopuler di korea selatan dan beberapa negara lainnya seperti Tiongkok dan Rusia yang tidak didominasi oleh Google, setelah keberhasilannya ,Lee kemudian menciptakan aplikasi terobosan terbaru bernama LiNE ,tidak hanya layanan pesan line juga dilengkapi line Pay,Line Game,Line News,Line Antovirus dan masih banyak lagi .

Lee Hae Jin menciptakan Line terinspirasi saat melihat orang orang jepang sedang mengantri untuk menelpon saat setelah gempa tahun 2011 silam.

11.Ilya teberin dan Mark Teberin - Ask.fm


Berbeda dengan facebook ,instagram dan path yang dapat memasang foto atau pun status,Ask.fm adalah salah satu media social Networking Website

yang mana penggunanya bisa bertanya apapun ke pengguna yang lain tanpa menunjukkan identitas kita,kita tidak bisa melihat followers,following maupun friends.Ask.fm adalah singkatan dari "ask for me"

sosial media cocok bagi kamu yang ingin kepoin seseorang tapi ngak mau inisialnya ketahuan.Ask.fm pertama kali didirkan pada juni 2010 oleh 2 bersaudara yaitu ilya terebin dan Mark terebin ,perusahaan mereka memiliki kantor pusat yang terletak di saint petersburg,Rusia.

12.Ben Silbermann-Pinterest


Ben Silbermann,pendiri Pinterest lahir pada tahun 1982 adalah seorang enterpreneur Amerika dibidang internet,Silbermann tumbuh didesa des Moines,Iowa Amerika,setelah lulus di Universitas Yale jurusan Political Science,Ben sempat bekerja diperusahaan Industri teknologi terbesar yaitu google sebagai pengurus tim peeriklanan online (online adversiting) tak lama berselang Ben keluar dari perusahaan google lalu mulai mengembangkan startupnya sendiri,Ben menghubungi teman kuliahnya,Paul Sciarra untuk bekerja sama,

diawal bisnis pinterest tidak sesukses yang dibayangkan,akibat ketekunan kerja keras dan berbagai inovasi ,situs ini kemudian dikenal luas oleh masyarakat diseluruh penjuru dunia.

Sumber
https://sepositif.com/kisah-reid-hoffman-pendiri-linkedin/amp/
https://sepositif.com/2017/08/kisah-sukses-pendiri-aplikasi-line-lee-hae-jin/amp/
https://dailysocial.id/post/apa-itu-path
https://www.google.com/amp/s/www.finansialku.com/kisah-sukses-ben-silbermann-pendiri-pinterest/amp/