Cek 30 Fakta Lengkap Tentang PANCASILA -Meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

Cek 30 Fakta Lengkap Tentang PANCASILA -Meneketehe

andini.spotlite
Tuesday, August 25, 2020
Ditulis oleh:Nurfalakia,20:00 WITA.

image:publikreport.com

Gerbang pintu menuju kemerdekaan bagi Indonesia sudah  mulai terbuka lebar tatkala Jepang yang diwakili oleh Perdana Menteri Luar Negeri, Momoru Shigemitsu menandatangi Deklarasi Postdam diatas kapal tempur Amerika Serikat, Missouri pada 2 September 1945.

Sebelumnya berita kekalahan Jepang pada Perang Pasifik yang menandai berakhirnya perang dunia kedua telah disiarkan melalui Radio Jepang bernama Gokuon - hoso pada 15 Agustus 1945,isinya kaisar melalui pidatonya mendeklarasikan kapitulasi Jepang kepada seluruh rakyat Jepang.

Janji kemerdekaan bagi Indonesia mulai terasa saat Jenderal Kuniaki Kuiso pada 7 September 1944 di depan sidang Teikoku Ginkai / parlemen Jepang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia, untuk merealisasikan janji tersebut dibentuklah sebuah komite yang diberi nama Dokuritsu Junbi Cosakai / BPUPKI.

Tujuan komite ini adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan bagi Indonesia termasuk menetapkan dasar negara sebagai ideologi / landasan negara Indonesia yaitu Pancasila, yang Bung Karno sebut dalam pidatonya adalah Weltanschauugnya Indonesia, lahir dan digali dari bumi Indonesia dan akan tetap hakiki hingga berlapis lapis generasi berikutnya.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan mengenai Pancasila, berikut meneketehe mengulas 30 faktanya :

1.Kata ''Pancasila'' dapat ditemukan diberbagai literasi Jawa Kuno,salah satunya adalah seorang penyair puisi / Kakawin Pujangga karya Mpu Prapanca pada tahun 1365 dalam sarga 53 bait ke-2 berbunyi:
 "yatnaggegwani Pancasyilla kertasangskarbhiseka krama''artinya Raja setia kepada pancasila dan upacara ibadat dan penobatan.

2. Pancasila berasal dari kebudayaan Budha - India yaitu sebuah ajaran moral yang terdiri dari :
  • Larangan membunuh sesama makhluk hidup,Panatida Vermani Sikhapadam Samadyani.
  • Larangan  mencuri, Dinna dana Veramani Sikhapadam samadiyani.
  • Larangan berbuat mesum sebelum menikah, Kameshu miccharcara Veramani Sikhapadam Samadiyani.
  • Larangan berkata bohong, Musawada veramani sikhapadam samadiyani 
  • Larangan meminum minuman keras,Sura Meraya Masjja Pamada tikana Veramani.

3.Simbol Garuda dinisbatkan kepada mitologi hindu kuno.
  • Garuda melambangkan kekuatan, keberanian, kebajikan, pengetahuan , kesetiaan dan kedisiplinan. 
  • Garuda merupakan kendaraan Dewa Wisnu yang memiliki sifat penjaga tatanan alam semesta.
  • Garuda dilambangkan sebagai Dewa Agung untuk semua jenis burung.

4.Paruh, sayap, ekor dan cakar garuda melambangkan arti kekuatan pembangunan.

5.Lambang NKRI Garuda Pancasila dirancang oleh Sultan hamid II.

Pada 10 Januari 1950 tepatnya saat sidang kabinet RIS ke-2 berlangsung, dibentuk sebuah panitia teknik bernama Panitia Lencana Negara yang terdiri dari M.Yamin, M.A Pellaupessy,Muhammad Natsir, R.M Ngabehi Poebatjaraka dan Ki Hajar Dewantara, yang tugasnya adalah menyeleksi  usulan rancangan lambang negara  untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh pemerintah.

Dalam merumuskan konspep dan rancangan lambang negara dilaksanakan suatu sayembara yang dibentuk oleh kementerian penerangan untuk menentukan gambar lambang  negara Indonesia terpilihlah 2 kandidat yaitu M.Yamin dan Sultan Hamid II.

akhirnya sayembara tersebut dimenangkan oleh Sultan Hamid II,beliau merupakan seorang menteri negara tanpa portofolio keturunan Arab-Indonesia kelahiran
Pontianak,Kalimantan Barat.

Dalam merancang sketsa pancasila Sultan Hamid II terinspirasi dari ucapan sang presiden bahwa hendaknya lambang negara mewakili jiwa dan ruh bangsa Indonesia.

Alasan rancangan Muhammad Yamin ditolak adalah karena sketsa gambar sinar matahari serupa dengan lambang nasional Jepang yaitu "hinomaru".

Awalnya  lambang negara Pancasila berbentuk badan manusia, posisi cakar mencengkeram pita kebelakang, pita mulanya berwana putih polos, serta kepala burung garuda yang masih gundul.

Pertama kali diresmikan pada 11 Februari 1950 pada Sidang Kabinet RIS yang akhirnya diperkenalkan kepada publik pada 15 Februari 1950 di Hotel Des Indes,Jakarta.

Lambang garuda pancasila diatur penggunaannya dalam Perpu No.43 / 1958.

6.Alasan Presiden Soekarno memilih burung Garuda.

Sayembara yang dimenangkan Sultan Hamid II bukan tanpa alasan, presiden tertarik dengan gambar garuda yang mencerminkan jati diri Indonesia, pengaruh Indonesia tak lepas dari nuansa kerajaan nusantara yang berciri Hindu-Budha.

Garuda dalam mitologi Hindu adalah anak dari Begawan Kasyapa dan Winata,nama salah satu dewa Agung , juga merupakan kendaraan yang digunakan oleh dewa Wisnu untuk menyebar kebaikan ,Garuda memiliki ciri ciri warna berwarna emas, memiliki sayap berwarna merah, dengan wajah berwarna putih ,memiliki paruh, tetapi tubuhnya menyerupai badan manusia.

7.Arti ''Bhinneka Tunggal Ika''.

''Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Magrua" merupakan semboyan pada era kerajaan Majapahit yaitu pada masa pemerintahan Hayam Wuruk / Rajasanegera dan Mahapatihnya Gajah Mada, Semboyan ini sangat kental dengan kebudayaan yang mencerminkan budaya  hidup rukun dan saling gotong royong.

Kata Bhinneka Tunggal Ika diciptakan oleh seorang penyair puisi ternama Jawa Kuno bernama Mpu Tantular,beliau juga merupakan adik ipar dari Raja Hayam Wuruk.

Bhinneka memiliki arti berbeda beda, sedangkan tunggal berarti satu dan ika artinya itu ,secara harfiah berarti "Beraneka satu itu''meskipun berbeda beda tapi tetap satu kesatuan.

8.Arti jumlah lambang garuda pancasila.

Jumlah pada gambar burung garuda pancasila melambangkan arti hari Proklamasi  Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945:
  • 17 helai bulu terdapat pada masing-masing sayap.
  • 8 helai bulu terdapat pada ekor garuda.
  • 19 helai bulu terdapat tepat dibawah perisai.
  • 45 helai bulu terdapat pada bagian leher.

9.Arti warna pada lambang garuda pancasila :
  • Warna putih melambangkan kesucian, kemurnian dan kebenaran.
  • warna merah melambangkan keberanian.
  • warna hitam melambangkan keabadian.
  • warna hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran.
  • warna emas melambangkan kemegahan, kebesaran, keagunan, kejayaan dan keluhuran.

10.Arti simbol pada masing masing gambar perisai garuda pancasila.
  • sila pertama, mewakili gambar bintang lima bermakna cahaya Tuhan menyinari agama Islam, Budha,Hindu, Kristen dan ideologi sekuler sosialisme.
  • sila kedua, mewakili gambar rantai yang tersusun atas gelang-gelang kecil berbentuk persegi dan bundar, bentuk persegi pada rantai mewakili jenis kelamin laki laki dan bentuk bundar pada rantai mewakili jenis kelamin perempuan,gambar ini mengartikan bahwa baik pria maupun wanita saling membantu satu sama lain.
  • sila ketiga, mewakili gambar pohon beringin atau Ficus Benjamina merupakan pohon berukuran besar dan rindang yang menggambarkan sebagai wadah untuk berlindung ,pohon beringin yang memiliki akar yang panjang menancap jauh kedalam tanah mengartikan rasa persatuan yang kuat bagi seluruh sendi sendi Indonesia.
  • sila keempat, mewakili gambar kepala banteng ,banteng dikenal sebagai binatang sosial, sama seperti sifat masyarakat indonesia yang suka berkumpul bersama menghimpun kekuatan,rakyat Indonesia yang senang bergotong royong saling bahu membahu dan bermusyawarah dalam mengambil keputusan.
  • sila kelima, mewakili gambar bulir padi dan kapas,padi melambangkan kebutuhan akan pangan (makanan) sedangkan kapas melambangkan kebutuhan akan sandang (pakaian),arti dari sila kelima ini adalah kebutuhan pokok rakyat indonesia tidak memandang status dan kedudukan.

11.Garis tengah horisontal pada perisai memiliki makna letak atau posisi wilayah NKRI berada di daerah garis khatulistiwa yang mencerminkan negara Indonesia merupakan wilayah tropis, membentang dari timur ke barat.

12.Alasan kepala burung garuda menghadap kekanan heraldik adalah arah kanan sudah lama diartikan sebagai arah yang baik dan sopan, merujuk kepada simbol kebaikan , yang menginginkan tujuan dan cita cita Indonesia kearah yang baik pula.

13.Alasan presiden Soekarno menambahkan jambul pada kepala garuda adalah kepala garuda yang gundul dianggap mirip dengan lambang burung elang (Bald Eagle) milik Amerika Serikat.

14.Penggunaan perisai ditengah gambar garuda bermakna bahwa perisai merupakan ciri khas tameng asal Indonesia ,merupakan senjata pelindung yang sudah digunakan sejak zaman kerajaan kerajaan nusantara sebagai senjata sebagai pertahanan dan pelindung diri.

15.Cikal bakal penetapan pancasila menjadi ideologi negara Indonesia berasal dari pidato yang disampaikan oleh Bung Karno didepan puluhan anggota dalam sidang BPUPKI.

16.Sebelum diperbaharui pancasila yang digagas oleh Bung Karno saat sidang BPUPKI pada 1 juni 1945 berbunyi :
  • Kebangsaan Indonesia
  • Perikemanusiaan atau Internasionalisme
  • Mufakat atau Demokrasi
  • Kesejahteraan Sosial
  • Ketuhanan Yang Berkebudayaan.

17.Dalam pidatonya Bung Karno juga menggagas dasar negara selain nama Pancasila, beliau menawarkan istilah Trisila yang terdiri dari Socio-Nasionalisme, Socio-democratie dan Ketuhanan menghormati satu sama lain, bila keduanya tidak disetujui oleh anggota BPUPKI ,Bung Karno lalu mengusulkan eka sila yang jika diperas menjadi satu berarti gotong royong.

Ekasila merupakan kesimpulan dari lima dasar negara yang tujuannya adalah menghimbau bagi segenap bangsa Indonesia untuk saling bahu membahu tanpa mengenal "perbedaan".

18,Selain Mr.Muh.Yamin dan Prof.Dr.Mr.Supomo,Ki Bagus Hadikusumo juga ikut mengemukakan asas dasar negara yaitu berasaskan pada konsep ajaran islam, pertama islam pantas menjadi sendi dalam pemerintahan,kedua susunan masyarakat bernafas hukum Allah dan agama Islam.

19.Dalam sidang BPUPKI pertama dibentuk sebuah panitia kecil berjumlah 8 orang yang terdiri dari Ir.Soekarno ,Drs.Moh.Hatta ,Ki Bagus Hadikusumo ,Mr.Muh.Yamin,A.Wahid Hasyim,Otto Iskandardinata,Sutarjo dan Mr.A.A. Maramis yang tugasnya adalah menerima usulan dasar negara yang digagas oleh Bung Karno namun mendapat protes keras dari golongan islam dan golongan nasionalis.

Untuk menghindari perpecahan maka dibentuklah panitia 9 yang terdiri dari Ir.Soekarno,Drs.Moh.Hatta,Mr.A.A. Maramis,Abikusno Chikrosuyoso,Abdul Kahar Muzakar,H.Agus Salim,Mr.Ahmad Subardjo,KH.Wahid Hasyim dan Mr.Muh.Yamin.

Panitia 9 ini dilaksanakan di Kantor Jawa Hookokai,perumusannya dilakukan di rumah Bung Karno Jl.Pengangsaan no.56, adapun hasil perumusannya berbunyi :
  • Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Hasil perumusan tersebut oleh Bung Karno sebagai ''Mukaddimah'',oleh Mr.Muh.Yamin disebut sebagai Piagam Jakarta/ Jakarta Charter dan oleh Dr.Soekiman disebut sebagai Gentlemen Agreement.

20. Pengesahan pancasila berlangsung pada 18 Agustus 1945,setelah melalui proses persidangan dan lobi lobi (setelah menghapus tujuh kata dalam rumusan piagam jakarta pada sila pertama yaitu : "dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk pemeluknya"lalu diganti dengan Ketuhanan Yang Maha Esa) dituangkan dalam Mukaddimah UUD 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

21.Penghapusan 7 kata pada sila pertama

Setelah proklamasi dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, sore harinya Moh.Hatta menerima telepon dari mahasiswa kemudian mengundang para mahasiswa tersebut untuk menemuinya pada pukul 17.00 WIB, dalam pertemuan tersebut hadir Piet Mamahid, Moeljo dan Imam Slamet.

Lalu pada keesokan harinya sebelum mensahkan UUD ,Muh.Hatta menggelar rapat lobi lobi dengan anggota PPKI untuk membahas protes keras dari Indonesia Timur (Kristen dan Protestan) yang menolak penggalan kata dalam sila pertama yang mengandung unsur keagamaan di satu pihak, yang jika tetap digunakan mengancam akan keluar dari wilayah NKRI dan memilih untuk merdeka.

Dalam rapat tersebut Muh.Hatta mengundang wakil dari tokoh ulama yaitu Kasman Singodimedjo,Ki Bagus Hadikusumo,Teuku Muhammad Hasan dan K.H Abdul Wahid Hasyim, Ki Bagus yang besikukuh dan mempertahanlan kata islam dalam ideologi pancasila akhirnya dapat luluh setelah dr.Kasman Singodimedjo berjanji akan mengembalikan 7 kata tersebut setelah konstitusi MPR terbentuk 6 bulan kemudian, namun janji ini tidak pernah direalisasikan.

22.Pancasila adalah kiri

Pada kesempatan sebelumnya meneketehe telah mengulas tentang perbedaan sayap kanan dan sayap kiri untuk lebih memahami perbedaan keduanya anda dapat mengunjungi halaman ini https://meneketehe21.blogspot.com/2020/07/12-perbedaan-sayap-kanan-dan-sayap-kiri.html

Bung Karno dikenal menganut paham Marhaenisme,sangat peduli dengan penderitaan rakyat, menentang lingkungan yang bernuansa helotisme,dimana golongan kapitalis yang menyetir golongan sosialis.

Pada sidang rapat paripurna kabinet Dwikora yang berlangsung di Istana Bogor pada 6 November 1965, presiden dengan nada yang tinggi ,berteriak mengatakan bahwa Pancasila adalah kiri, pancasila adalah anti-kapitalis.

23.Dalam pidatonya pada 1 Juni 1945 pukul 09:00 WIB dihadapan peserta sidang umum BPUPKI , Sukarno berpidato dengan suara lantang menggelegar mengatakan bahwa lima dasar negara berasal dari rukun Islam ada lima, jumlah pahlawan besar seperti mahabrata juga ada lima, jari kita ada lima serta pancaindra  ada lima,sekarang asas negara kita juga lima.

24.Salah satu rentetan kronologis terbentuknya pancasila sebagai dasar negara, selain soekarno,Mr.Muh.Yamin dan Prof,Dr. Soepomo juga ikut menyuarakan pendapatnya tentang dasar negara.

Pada 29 Mei 1945 Mr.Yamin mengemukanan 5 asas dasar negara kebangsaan yaitu : 
  • Perikebangsaan 
  • Perikemanusiaan
  • Periketuhanan
  • Perikerakyatan 
  • Kesejahteraan Sosial
pada 31 mei 1945,Prof,Dr.Mr.Soepomo juga mengemukakan 5 dasar negara yaitu:
  • Persatuan
  • Kekeluargaan
  • Keseimbangan lahir batin
  • Musyawarah
  • Keadilan Rakyat

25.Hari pancasila berbeda dengan hari kesaktian pancasila

Hari lahir pancasila jatuh pada 1 Juni 1945 yang ditandai dengan dikumandangkannya rumusan 5 dasar negara Indonesia oleh Bung Karno pada sidang BPUPKI yang kita kenal sampai saat ini adalah Pancasila.

Sedangkan Hari Kesaktian Pancasila Jatuh pada 1 Oktober 1965, ditandai dengan berakhirnya mimpi buruk oleh PKI pada pemberontakan yang dikenang sebagai peristiwa G30S/PKI.

Pengesahan hari kesaktian pancasila oleh presiden Soeharto melalui Keppres No.153 / 1967.

26.Pada era Orde baru yaitu masa pemeritahan Presiden Soeharto, melarang peringatan hari lahir Pancasila ,baru pada tahun 2010 hari lahir pancasila kembali diperingati, pada 2016 presiden Jokowi menetapkan Keppres No.24 tahun 2016, menetapkan hari lahir pancasila yang jatuh pada 1 juni ditetapkan sebagai hari libur nasional.

27.Pemberontakan oleh orang orang kiri radikal/komunis menolak kehadiran pancasila sudah tercium saat PKI Muso di Madiun tahun 1948 memproklamasikan "Negeri Sovyet RI" kemudian menaikkan bendera berwarna merah.

Pemberontakan selanjutnya yang dilakukan oleh antek PKI adalah peristiwa G30S/PKI yang dipimpin oleh Letkol Untung membunuh 7 perwira tinggi dengan dalih perwira tersebut berencana melakukan kudeta terhadap presiden Soekarno, namun kenyataannya PKI lah yang ingin merubah haluan ideologi Indonesia menjadi komunis.

28.Aturan penempatan lambang negara garuda pancasila diatur dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Lambang negara diletakkan disebelah kiri, lebih tinggi daripada bendera indonesia
  • Lambang negara ditempatkan sejajar dan lebih tinggi daripada gambar resmi presiden / wakil Presiden. 

29.Dipulau Ende,Flores, Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah pohon bernama pohon pancasila, alasan pohon ini dinamakan demikian karena pada masa pengasingan presiden Soekarno oleh pihak belanda.

Beliau diasingkan ke pulau Ende bersama Istri (Inggit Ganarsih), anak angkat ( Ratna Djumi), beserta mertuanya (Ibu Amsi) , disana beliau melewati hari harinya selama 4 tahun lamanya.

disana pula terdapat sebuah tempat berteduh favoritnya dibawah pohon sukun yang rindang ,di tempat inilah bung karno terinspirasi lahirnya ide butir butir Pancasila.

30.Pancasila sebagai pondasi negara NKRI dalam manifestasinya tidak berjalan dengan lancar, pasalnya banyak peristiwa yang justru lahirnya pancasila menjadi perdebatan panjang tak berujung.

timbulnya pro dan kontra menambah daftar panjang konstelasi eksistensi pancasila itu sendiri.

Ditambah Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia setelah Indonesia menyatakan proklamasi kemerdakaannya.

Perjalanan pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi dapat dilihat dari dokumen pentapannya yaitu :
  • Pertama, dikukuhkan dalam Piagam Jakarta atau Jakarta Charter pada 22 Juni  1945.
  • kedua, Pembukaan UUD pada 18 Agustus 1945.
  • ketiga, Mukaddimah konstitusi RIS pada 27 Desember 1949.
  • keempat, Mukaddimah Undang Undang Dasar Sementara / UUDS pada 15 Agustus 1950.
  • kelima, kembalinya UUD '45 melalui dekrit presiden pada 5 Juli 1959.

Sumber bacaan: