Gokil! ini dia 10 Tempat Parkir Paling Keren di Dunia-meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

Gokil! ini dia 10 Tempat Parkir Paling Keren di Dunia-meneketehe

andini.spotlite
Tuesday, September 29, 2020
Ditulis oleh:Nurfalakia

image:whichcar.com

Memarkir mobil adalah salah satu kegiatan yang paling dihindari bagi sebagian orang selain bikin ilfell dan merepotkan  lahan parkir yang sempit,orang yang kelihatan sabar pun bisa menjadi ganas seketika,seringnya ditemui dua belah pihak saling bersitegang gegara perebutan lahan parkir ditambah petugas yang siap kapan saja menilang kendaraan.

Fenomena ini sering ditemui di kota kota besar yang begitu padat, namun tidak untuk negara negara yang akan meneketehe bahas kali ini, bayangin deh anda bisa memarkir mobil hanya dengan menggerakan jempol, atau memarkir mobil hanya dengan hitungan detik,anda hanya menggunakan kartu pada mesin pancatat otomatis dan mobil siap diarahkan ke lahan yang kosong tanpa pusing mencari tempat parkir yang ideal, dengan bantuan sistem robotik yang super canggih, ditambah keamanan  yang tidak perlu lagi di ragukan.

Di era milenial yang serba praktis, dibeberapa negara juga telah mengandalkan sistem sensor ultra sonic atau Remote Park Assist (RPA) cukup menggunakan smartphone, memarkir mobil jauh lebih mudah dan menghemat waktu.

Ruang parkir yang sempit,kemacetan yang semakin membludak ,polusi, hingga alasan keamanan menjadi fokus utama beberapa negara ini menciptakan inovasi yang begitu luar biasa, dengan bantuan Hi-tech memudahkan beberapa negara ini memiliki tempat parkir yang modern dan sangat efisien.


Negara mana saja kah itu ? berikut daftarnya :

1.Autostadt Car Tower, Jerman 


Berbicara tentang kecanggihan teknologi di Jerman sudah bukan wacana baru lagi , kehebatannya bahkan telah tercium sejak lama diseluruh penjuru dunia,nama Jerman selalu hadir jika berbicara tentang teknologi.

Bukan cuma kecanggihan alustistanya juga berbagai fitur lainnya yang super efisien.

Misalnya di Wolfsburg, yaitu nama sebuah kota di Jerman terdapat sebuah Tempat parkir raksasa berbentuk menara kembar yang dilapisi kaca silos dengan ketinggian mencapai 60 meter,tempat parkir ini diperuntukkan untuk mobil baru Volkswagen atau  lebih tepanya sebuah pasar mobil paling keren.

Jika dilihat dari lokasinya,akan muncul pertanyaan bagaimana jika terjadi guncangan hebat  misalnya gempa bumi, bayangkan mobil akan bertumbangan , namun jangan khawatir dengan Hi-tech tempat parkir dengan sistem lift robotik yang dapat berotasi hinga 360 derajat ini telah dilengkapi sistem keamanan yang super canggih.

2.China

image:Alibaba.com

China memang tak pernah kehabisan akal untuk mencari alternatif lain guna mencari solusi atas segala masalah.

Negara China  yang dikenal begitu padat penduduk pastilah berhadapan dengan kemacetan dan sangat menganggu aktivitas harian,untuk mengurangi ruang di China tepatnya di Shenyang , provinsi Liaoning terdapat fasilitas khusus sebuah parkir tiga dimensi.

Tempat parkir ini terdiri dari 8 tingkat yang terbuat dari besi dan dapat menampung 40 unit mobil.

3.Smart Tower di Eropa 

image:blogunik.com

Seperti namanya smart tower dirancang untuk menghemat lahan ini berfungsi untuk menghidari kemacetan,dindingnya sengaja dilapisi kaca untuk mempermudah si pemilik melihat urutan mobilnya dari bawah,si pemilik tinggal menekan tombol dan lift akan otomatis menurunkan mobil sesuai nomor / urutan mobil. 

Smart tower ini tersebar dibeberapa titik di Eropa misalnya Prancis,Rusia,Belanda dan 67 negara lainnya.

4.Hamilton Park, Singapura 


Singapura memang dikenal sebagai surganya kondominium dan apartemen mewah sebut saja Hamilton Scotts,sebuah apartemen mewah yang terdiri dari 30 lantai ini menyediakan lahan parkir di dalam rungan apartemen si pemilik,dengan bantuan lift memudahkan mobil diarahkan ke tempat pemilik apartemen dan untuk memasukkan atau mengeluarkan mobil si pemiliki tinggal menggerakkan jempolnya yaitu dengan hanya menekan tombol tertentu lalu mobil secara otomatis akan bergerak sendiri.


Perlu dipahami bahwa penghuni apartemen ini hanya diperuntukkan bagi orang orang yang berkantong tebal doang, pasalnya untuk biaya parkir saja anda harus merogoh kocek sebesar USD 24 juta atau 322.16 miliar rupiah, what???

5.Tempat parkir sepeda,Jepang


Semakin maju suatu negara maka akan banyak ditemukan fitur fitur canggih, jutaan pasang mata akan dimanjakan dengan tempat atau fasilitas dengan kecanggihan yang luar biasa,di negara maju seperti Jepang yang juga merupakan gudang tempat lahirnya teknologi mutakhir dan sudah sejak lama bersahabat dengan teknologi,maka tak heran jika Jepang menciptakan teknologi hebat adalah bukan ihwal biasa lagi.

Salah satu contoh kecanggihan Jepang dapat dilihat dari tempat parkir yaitu tempat parkir sepeda,jika kita sering menemui tempat parkir sepeda di pinggir pinggir jalan dengan pemadangan sepeda yang berjejer di trotoar namun berbeda dengan di negeri sakura,di sana terdapat sebuah tempat parkir mirip dek dimana si pemilik dapat leluasa menyimpan sepedanya secara otomatis.

Pemiliknya hanya akan menggunakan kartu kemudian sensor akan menginformasikan sepeda dengan kode dek yang telah di scan.

Tempat parkir ini  diberi nama "ECO CYCLE" yang diproduksi oleh Giken Ltd ,dibawah tanah terdapat ratusan sepeda dan jika terjadi kesalahan alat ini akan berbunyi menandakan peringatan.

Untuk menggunakan fitur tersebut terlebih dahulu seorang harus mendaftar sebagai member dan bersedia membayar sebesar 200 ribu rupiah setiap bulannya.

6. The Cube Car Park, Inggris


The cube car park adalah nama lahan parkir canggih di Birmingham, Inggris dibuat oleh perusahaan besar di Jerman bernama WOHR Car Parking System dengan menghabiskan dana sebesar 26 miliar rupiah.

Cara kerjanya pemilik hanya memasukkan mobilnya ke dalam sebuah dek, lalu menekan tombol yang telah disediakan maka secara ototmatis mobil akan dibawa ke area yang kosong, mobil ini digerakkan oleh lift robotik, keren! 

7.Herma Parking Building,Korea Selatan
 
image:aasarchitecture.com

Sepertinya bukan hanya manusia saja nih yang dapat menikmati kenyamanan tinggal dalam sebuah apartemen,ternyata mobil juga bisa lho! 

Herma parking Building, merupakan sebuah lahan parkir  khusus untuk mobil, dimana bangunan ini dirancang begitu menawan menyerupai sebuah apartemen mewah.

Diketahui apartemen ini dilapisi 600 polikarbonat dan 900 stainless steel, bangunan ini terletak di jantung kota Korea Selatan,Seol .

Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek ternama bernama Jeong Noon Lee.

8.Parkir sepeda, Belanda 

image: designboom.com

Eropa memang pantas jika disandang dengan gelar negara paling bersih di dunia, bagaimana tidak di negara ini bukan hanya pihak otoritas melainkan penduduknya yang sama sama sadar akan kebersihan lingkungan.

Untuk menghindari polusi udara,para penduduk ini sudah lama menamkan budaya hobby bersepeda yang ramah lingkungan.

Bahkan di negara ini menyediakan jalur, lintasan sepeda hingga ribuan kilometer dan jalan tol khusus pengendara sepeda,tak heran jika di negara di juluki surga bagi para pengendara sepeda.


Melihat animo masyarakat yang begitu tinggi,negeri belanda atau yang sering di juluki sebagai negeri kincir angin ini menyediakan garasi parkir raksasa khusus sepeda,tak tanggung tanggung luasnya bisa menyaingi luas bandara.

Garasi ini dapat menampung hingga 8 rb sepeda,interiornya pun tak kalah mewah,di dalamnya terdapat eskalator khusus sepeda dan lorong lorong cantik dengan desain yang modern dan dilengkapi dengan penanda elektronik. 

9.Self Parking, Amerika, Inggris dan Jerman



Perusahaan Otomotif Volkswagen,Jerman saat ini tengah gencar mengembangkan fitur canggih memarkir mobil lebih efisien,dengan mengandalkan sistem RPA atau Remote Park Assist agar si pengemudi dapat memarkir mobilnya hanya menggunakan smartphone.

Cara kerjanya mirip saat masih kecil senang menggunakan mobil mainan menggunakan remote control, ya hanya mengandalkan hp untuk terhubung langsung dengan mobil, pengemudi hanya memencet beberapa tombol pada aplikasi lalu mengarahkan mobilnya ke spot tertentu secara otomatis.

Self Parking ini sudah dipraktekkan di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat,Inggris dan Jerman. 

Fitur ini dilengkapi dengan sistem sensor ultra sonic, electro mechanical steering gear, serta piranti komputer 2 Ghz,bukan cuma itu fitur ini juga dapat mendeteksi benda benda didepannya seperti terotoar dan benda lainnya sehingga si pemilik tidak perlu khawatir mobilnya lecet.

Namun sayangnya tidak semua jenis mobil memiliki fitur canggih ini, hanya mobil mobil mewah seperti Mercedes -benz,BMW G11/G12 7 series dan Porsche AG dengan harga kisaran 2.089 miliar hingga 2.499 miliar rupiah kabuuuuuuurrr.....

10.Kansas City Public Library's Community Bookshelf

image:pinterest.com

Jika dibandingkan dengan tempat parkir diatas,tempat parkir yang bernama Kansas City Publik Library's Community ini memang tak semegah dengan lahan parkir yang dibahas sebelumnya.

Tapi jangan salah,kelebihannya terletak dari keunikannya, seperti namanya lahan parkir ini di bangun dengan desain menyerupai buku raksasa yang berjejer rapi.

Buku ini tersusun atas 22 buku,dengan ketinggian mencapai 25 kaki dengan lebar 9 kaki,yang dihiasi beton seberat 35 ton.

Uniknya lagi buku ini dibangun bukan tanpa alasan,sebelum dibangun diketahui judul buku di ambil berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada warga setempat.

Dari hasil penelitian,deretan judul buku yang paling diminati antara lain adalah "The Lord Of the Rings karya J.R.R Tolkien, F"ahrenheit 451 karya Ray Bradbury,Invisible Man karya Ralph Ellison, to Kill a Mocking Bird karya Hughes Harper Lee, The Collected Poem dll.

Sumber bacaan