Mematikan! Berikut 10 Pantai Paling Ganas di Dunia-meneketehe -->

Iklan Semua Halaman

Advertisement

Mematikan! Berikut 10 Pantai Paling Ganas di Dunia-meneketehe

andini.spotlite
Saturday, February 15, 2020
oleh: Nurfalakia

sumber:petapixel.com

Pantai merupakan salah satu objek wisata yang paling diminati hampir diseluruh dunia terutama para turis yang sangat gemar berjemur diterik matahari dan gemar berselancar/surfing.

Tak sedikit para turis justru lebih memusatkan perhatiannya ke hal hal yang lebih ektrem dan menantang bahkan berani untuk mempertaruhkan nyawa dan rela mengeluarkan isi kantong yang fantastis demi mengabadikan momen langka, fenomena alam yang tidak biasa inilah yang menjadi magnet para wisatawan berkunjung.

Misalnya di pantai Gansbaai,Afrika selatan yang di huni hiu putih paling mamatikan di dunia, mereka akan menyelam pada kedalaman tertentu dengan sangkar sebagai pelindung demi melihat aktivitas hiu putih yang bisa saja hiu ganas ini merobek habis besi pagar ini dengan kekuatan rahang yang luar biasa.

Jangan pernah coba-coba jika tidak memiliki nyali besar dan bermental baja, usahakan untuk lebih berhati hati jika tidak nyawa menjadi taruhannya.

Berikut adalah ulasan mengenai 10 pantai paling berbahaya di dunia :

10.Pantai Smyrna - Florida,AS

sumber image:surfline.com

New Smyrna Beach merupakan kota terbaik untuk berselancar, banyak para traveler rela merogoh kocek cukup dalam demi mengunjungi tempat wisata ini,namun dibalik ketenarannya terdapat bahaya yang sedang mengintai.

Dilaporkan total serangan hiu sebanyak 250 kali sepanjang sejarah,orang yang sedang berselancar hanya memiliki jarak sekitar 3 meter dari seeekor hiu.

Meskipun hiu ini tidak memangsa manusia secara langsung namun hiu beramai ramai kepinggir pantai untuk memburu mangsa utamanya, ribuan anjing laut akan memadati pantai saat musim berkembang biak tiba, barangsiapa yang sedang berselancar saat itu juga hiu akan mengira itu adalah anjing laut yang sedang berenang.

9.Pantai Maho-Saint Martin

sumber image: Flirc.com

Pantai Maho adalah pantai yang terletak di wilayah Belanda kawasan Karibia,yaitu saint Martin,sama seperti pantai pada umumnya dengan pasir putih, desiran ombak, banyaknya orang berjemur namun yang tadinya ekspresi anda kagum tiba tiba melongo sambil menganga melihat pesawat terbang yang lewat hanya beberapa meter diatas kepalamu.

Hal ini dikarenakan pantai Maho bersebelahan dengan Bandara Princess Juliana, dikutip dari liputan6.com wanita berusia 57 tahun yang kala itu sedang berdiri di pagar menyaksikan kapal lepas landas dikabarkan meninggal setelah terhempas cukup jauh dari lokasi.

Namun wisatawan justru menunggu detik detik pesawat datang dan mengabadikan momen dengan berswafoto ria sambil bersorak keriangan, alasan inilah yang menarik pengunjung untuk datang.

8.Pantai Hanakapiai-Hawaai 

Sumber image: travelden.co.uk 

Jangan tertipu dengan keindahan yang disuguhkan pantai ini, dengan pemandangan laut berwarna jernih dan pasir putih yang indah layaknya surga, ternyata ada bahaya yang menunggu bagi seseorang yang ingin berenang disana.

Rip Current atau arus pecah yaitu arus yang mengalir kuat ke arah laut disekitar pantai,adalah jalur aliran air sempit dengan luas sekitar 9 meter.

Ciri ciri nya adalah jika melihat arus yang terlihat begitu tenang namun di kanan kirinya berombak kencang yang kecepatannya bisa mencapai 8 km/jam,di ketahui sudah 83 orang yang kehilangan nyawa akibat insiden tersebut.

7.Pantai Chowpatty- India

sumber image: www.ccs.csumass.edu 

Bukan karena binatang buas, binatang beracun atau arus yang sangat deras, Pantai Chawpatty,Mumbai India dinobatkan sebagai pantai paling berbahaya karena polusi.

Usut punya usut tahun 2011 terjadi peristiwa tenggelamnya kapal laut MV Rak  lalu memuntahkan 60.000 ton batu baru yang saat itu adalah muatannya.

Jangan sekali kali berenang di pantai ini jika tidak ingin terkontaminasi berbagai penyakit berbahaya bahkan saat ini pasir di pantai Cahwpatty ketika di injak akan terasa lembab karena minyak.

6.Cape Tribulation-Australia 
sumber image: cairnspost.com.au

Keganasan hewan Australia sudah tidak diragukan lagi bagaimana tidak, australia merupakan sarang dan habitat bagi hewan hewan buas dan beracun bukan cuma itu diketahui banyaknya species langka hewan ada di Australia.

Tak tanggung tanggung pantai juga menjadi rumah para binatang berbahaya,salah satunya bernama Cape Tribulation yang terletak di kawasan Queensland,Australia.Berikut adalah 4 hal yang wajib kamu waspadai ketika berkunjung ke tempat ini, pertama ubur -ubur kotak,meskipun memiliki ukuran yang imut namun jangan salah sengatanya bisa membunuhmu tak cukup dari beberapa menit saja.

Hewan ini memiliki racun mematikan yang menyerang sistem kardiovaskular yang dapat menyebabkan penderita mati rasa, saat ingin menyelamatkan diri sebelum mencapai daratan penyelam akan tenggelam karena tidak dapat bergerak.

Kedua,buaya ganas yang dapat menyerang siapapun jika merasa terganggu, ketiga pohon gatal,setiap pantai akan dijumpai berbagai jenis pepohonan, namun ada satu tanaman yang sangat berbahaya disebut stinging tree (Dendrocnide moroides)  yang dapat membakar kulitmu hingga berbulan bulan.

Keempat, satwa liar seperti babi liar bisa sangat ganas ,babi hutan jika terganggu akan membabat habis apapun di depannya dan mengejar siapa saja tanpa kenal ampun.

5.Pantai Alter do Chao-Brazil

sumber image:lonelyplanet.com

Tempat ini sangat berbahaya bagi para turis bahkan orang yang ingin mendayun pun dilarang pasalnya didalam air menjadi rumah bagi para piranha ganas ,pantai pantai sungai Alter do Chao ini terletak di sao Paulo,Brasil.

4.Pantai Gansbaai Beach-Afrika selatan

sumber image: independent.co.uk

Tak heran jika pantai ini dijuluki sebagai pantai yang paling mematikan didunia karena pantai ini dihuni berbagai hiu paling ganas didunia bahkan terdapat 60.000 hiu putih  ganas yang kelaparan.

Gansbaai adalah sebuah nama desa nelayan yang juga menjadi tempat tujuan wisata populer di Western Cape,Afrika selatan.

Para traveler sebaiknya ekstra hati hati saat musim anjing laut berkembang biak ini mengundang para hiu muncul kepermukaan untuk berburu mangsanya.

Juni 2004, gadis bernama Nkosinathi Mayaba (21 tahun) ditarik kebawah air dan naas ia kehilangan lengan dan kaki, bulan September 2010 Khanyisile Momoza ( 29 tahun) tiba tiba ditarik seekor hiu putih saat tengah berenang dengan teman temannya.

Siyabulela Bhebheni seorang penyelam Abalon ditemukan mengambang dipermukaan laut dengan pakaian selamnya, mei 2017 lalu.

3.Pantai Bikini Atoll-kepulauan Marshall AS 


sumber image:lifegate.com

Dulunya pantai ini dijuluki dengan pulau surga di samudera pasifik karena keindahan bawah laut yang begitu memukau dengan terumbu karang yang sangat memesona namun bak ditelan pil pahit pantai bikini ini berubah 360 derajat saat perang dunia II bergejolak.

Tempat ini lalu dijadikan sebagai tempat uji coba nuklir berbahaya,saking dahsyatnya uji coba bom atom milik amerika serikat ini kekuataannya 1.100 lebih berbahaya dan lebih besar dari bom atom di Hiroshima.

Pada tahun 1978 para ilmuan mengumumkan bikini atol tak aman akibat efek radiasi yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, setelah beberapa dekade lamanya, pantai ini mulai dihuni para ikan ikan cantik dan terumbu karang,ini hanya berlaku bagi hewan yang memiliki daya tahan yang kuat.

2.Pantai Tengkorak-Namibia 

sumber image: 9gag.com

Seperti namanya pantai ini dihiasi ratusan tengkorak berserakan dimana mana,diketahui tengkorak ini sebagian besar berasal dari hewan tak sedikit juga ditemukan tengkorak manusia berserakan dipinggir pantai.

Alasannya berbeda beda,ada yang mengatakan tengkorak ini akibat virus,  akibat arus berbahaya, akibat bakteri ,penduduk lokal yang percaya karena hantu arwah yang gentayangan, karena banyak kapal yang berserakan dipinggir pantai akibat kandas dan menabrak karang.

Sceleton coast terletak di ujung gurun namibia penduduk asli disana menyebutnya sebagai "Saan"/ Bushmen" karena sering mandapati tengkorak dimana mana, selain mendapat julukan pantai tengkorak Sceleton coast juga mendapat gelar Gerbang Neraka.

Julukan gerbang neraka pertama kali diberikan oleh penjelajah asal portugis abad ke -15, karena di pantai ini sangat gersang dapat membakar kulit, dehidrasi berat tersesat dan mati ditempat.

1. Pantai Kilauea -Hawaii

sumber image: nationalgeographic.com

Banyak pantai di Hawaai yang terkenal karena keindahannya namun tak sedikit juga terdapat pantai yang sangat berbahaya, Kilauea adalah salah satunya,di dekat pantai ini terdapat gunung aktif dengan ketinggian mencapai 1.247 mdpl yang selalu mengeluarkan lava super panas yang dapat mencapai lebih dari 1.000 derajat celcius.

Terakhir meletus pada mei 2018 lalu, letusan hebat terjadi di tahun 1983 yang hingga kini masih menyemburkan lava panas,  seperti memasak air, air dipantai kilauea ini mendidih dengan suhu berkisar 110 derajat Celsius, diketahui lebih dari 33 kilometer persegi tertutupi aliran lahar.

Dikutip dari laman Republika.co.id disebutkan kapal wisatawan dihantam sebuah gumpalalan lava vulkanik panas mengakibatkan puluhan orang terluka.
Meskipun berbahaya para wisatawan tetap bersikukuh untuk melihat fenomena alam langka ini.

Sumber
https://m.liputan6.com/global/read/3023979/nasib-terkini-bikini-atoll-lokasi-uji-coba-bom-atom-as

https://vagabond3.com/dont-panic-how-to-survive-cape-tribulation/

https://www.groundup.org.za/article/diving-abalone-among-great-white-sharks/

https://m.detik.com/travel/destination/d-2127115/ini-dia-10-pantai-paling-berbahaya-di-dunia

https://perjalanandunia.com/afrika/pantai-mematikan/

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparannews/bahaya-rip-current-ombak-tenang-penarik-manusia